Selasa, 04 Oktober 2011


KEWIRAUSAHAWAN

Karakter Kewirausahawan :
  1. Kreatif
  2. Inovatif
  3. Mandiri
  4. Produktif
  5. Menangkap peluang
  6. Berani menghadapi resiko
  7. Bertanggung jawab
Untuk saat ini karakter wirausaha yang saya miliki adalah menangkap setiap peluang. Terealisasi dengan hal-hal kecil di lingkungan saya. Dengan menyalurkan hobi saya dan mengembangkannya. Saya dapat mendapatkan hasil yang lumayan untuk menambah uang saku. Hobi saya adalah menari dan maen game di game center. Kedua hobi tersebut sering memberikan manfaat bagi saya, bukan hanya dari segi pengalaman namun juga keuangan. Orang pasti bertanya-tanya, bagaimana bisa? Ya, bisa saja. Karena dalam kedua hobi tersebut sering ada event competition. Dan dengan cara menangkap peluang inilah, saya mengikuti lomba tersebut dan alhamdulilah yaa..awalnya memang iseng-iseng saja, namun karena berkali-kali ikut dan mendapatkan hasilnya, saya menjadi ketagihan. 
Dan untuk karakter wirausaha yang ingin saya miliki, sebenarnya saya ingin memiliki semua karakter wirausaha. Namun yang lebih spesifiknya saya ingin mempunyai karakter inovatif  dan bertanggungjawab. Inovatif karena dengan membuat sesuatu yag baru, pastinya dapat menarik perhatian dari orang lain. Dengan ketertarikan tersebut pasti banya orang yang penasaran dan ingin mencobanya. Untuk upayanya yaitu belajar dari lingkungan, misal dengan mengamati kegelisahan diri sendiri, tidak haya mengamati, namun mencari pemecahan masalah. Contohnya saja ; Kita anak kos, merasa bosan dengan menu makanan sehari-hari. kegelisahan ini bisa ita manfaatkan dengan membuat masakan yang bervariasi. Dan menawarkannya pada teman kita. Sedangkan untuk karakter bertanggungjawab, menurut saya rasa tanggungjawab sangatlah penting dikarenakan dengan kita mempunyai karakter ini berarti kita dapat juga dikatakan berani menanggung resiko dan mandiri. Mengapa? Otomatis jika kita mengalami hambatan atau resiko kita harus bertaggung jawab dengan cara memecahkan masalah tersebut, bukan dengan lari. Sedangkan hubungannya dengan mandiri adalah jika kita bertaggug jawab denga diri sendiri pasti kita sudah belajar madiri dengan tidak merepotkan orang lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar